Latihan Ujian Akhir Kimia Kelas XII

Tahun pelajaran 2020-2021 sangat istimewa dimana pembelajaran di banyak daerah dilakukan secara daring dari awal semester ganjil hingga sekarang ini. Hal ini dikarenakan masih belum terkendalinya penyebaran virus Covid-19. Ini tentunya membuat guru dan siswa harus beradaptasi dalam pelaksanaannya. Maka dari itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara khusus mengeluarkan edaran untuk persyaratan kelulusan siswa kelas XII dan peniadaan Ujian Nasional. Dalam SURAT EDARAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 1 TAHUN 2021 TENTANG PENIADAAN UJIAN NASIONAL DAN UJIAN KESETARAAN SERTA PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONAVIRUS DISEASE (COVID-19), diatur mengenai pelaksanaan ujian sekolah dan persyaratan kelulusan siswa kelas XII sebagai berikut :

 

Berkenaan dengan penyebaran CoronaVirus Disease (Covid-19) yang semakin meningkat maka perlu dilakukan langkah responsif yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan lahir dan batin peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami sampaikan kepada Saudara hal-hal sebagai berikut :
1. Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan.

2. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021 sebagaimana dimaksud pada angka 1, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

3. Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan setelah:
a. menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi COVID-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester,
b. memperolehnilai sikap/ perilaku minimal baik, dan
c. mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

4. Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada angka 3 hurufc, dilaksanakan dalam bentuk:
a. portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan,dan sebagainya),
b. penugasan,
c. tes secara luring atau daring, dan/atau
d. bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

5. Selain ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada angka 4, peserta didik sekolah menengah kejuruan juga dapat mengikuti uji kompetensi keahlian sesuai dengan ketentuan
peraturan perundang-undangan.

 

Berdasarkan hal tersebut, maka kelulusan siswa kelas XII ditentukan oleh sekolah salah satunya melalui ujian sekolah. Materi yang diujikan adalah materi yang sudah didapatkan siswa dari kelas X hingga kelas XII. Untuk itu, rekan -rekan dapat berlatih mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi Kimia SMA. Kali ini kami akan membagikan contoh soal yang bisa digunakan untuk latihan ujian sekolah. Rekan – rekan dapat mengunduhnya pada tautan di bawah ini :

Soal Ujian Akhir Kimia Kelas XII

About Robert Kris 495 Articles
Berkah Dalem

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*