Belajar Mengartikan Bahasa Lampung ke dalam Bahasa Indonesia

Asal Mulo Gelegh Anek Tempuran

Lamen gham liwat jak simbar waringin adek Ganjar agung, Metro gham pastei ngeliwati anek tempuran. Ulah nyo dijuk gelegh “tempuran”?

Menughut ceghito appue, sai lassung ngalamei peghang jamo belando, watteu ino belando ngighim pasukkano didaerah lappung. Tiyan ago nyeghang daerah ganjar agung jamo sekitarno. Anying pasukan gerilya gham ghadue siap di kirei jamo kanan ghanglayo ago ngehadang pasukan belando sai megegh anjak Tigeneneng. Temen gaweh penano pasukan belando sai diwakilei tentara macan Loreng watteu ino liwat di ghanglayo antaro Simbar Waringin jamo Ganjar agung, teghjadilah pepeghangan sai hibat. Nayah sai matei dilem peghang ino. Ulah inolah sappai tano dijuk gelegh anek Tempuran

 

Artinya :

Asal mula nama desa tempuran

jika kita lewati dari simbawaringin  ke ganjar agung, metro  kita pasti melewati desa tempuran. Lalu mengapa diberi nama tempuran ?

menurut cerita  kakek, yang langsung mengalami perang dengan belanda. waktu itu belanda mengirim pasukan di daerah lampung, mereka lalu menyerang daerah ganjar agung dengan sekitarnya. tapi pasukan gerilya kita sudah siap di kiri dengan kanan jalan raya menghadang pasukan belanda yang berasal dari tigeneng. Benar saja banyak pasukan belanda yang diwakili tentara macan loreng waktu itu lewat dijalan raya antara simbar waringin jamo ganjar agung. terjadilah peperangan yang hebat. banyak yang mati didalam perang itu. karena itulah sampai sekarang di juluki nama desa tempuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com