Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus melakukan inovasi untuk perbaikan pembelajaran di Indonesia. Setelah meluncurkan visi Merdeka Belajar dan Program Guru Berbagi, selanjutnya Kementerian meluncurkan  Program Guru Belajar  seri Masa Pandemi COVID-19. Kegiatan ini meliputi pembelajaran yang dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh yang sesuai dengan kondisi khusus , seperti masa pandemi COVID-19, dengan tetap memberikan pembekalan dasar yang bermakna bagi siswa untuk melakukan merdeka belajar. Tujuan dari dilaksanakannya program ini adalah :

  • Meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran jarak jauh berbasis beban kurikulum yang disederhanakan.
  • Mengembangkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh yang melibatkan siswa.
  • Mengembangkan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh secara efektif.
  • Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan asesmen pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas pembelajaran.

Program ini hanya dapat diiukti oleh guru yang memiliki akun SIM-PKB. Semua guru yang memiliki akun SIM-PKB akan mendapatkan undangan di halaman awal setelah membuka akun, seperti gambar berikut :

Selanjutnya, Bapak/Ibu bisa klik kotak saya ingin mendaftar. Setelah itu, akan muncul pilihan jadwal pelaksanaan yang ingin diikuti :

 

Bapak/Ibu  bisa memilih jadwal dengan waktu yang sudah ditentukan. Tahap pelaksanaan Program ini dibagi menjadi tiga(3), yaitu :

  1. Bimtek
  2. Diklat
  3. Pengimbasan

Peserta yang memperoleh nilai minimal 70 pada tahap Bimtek dapat mengikuti tahap kedua : Diklat. Berikut ini jadwal lengkap pelaksanaan tiga tahapan Program Guru Belajar ini :

 

Demikian informasi mengenai Program Guru Belajar seri Pandemi COVID-19. Bagi Bapak/Ibu guru yang telah memiliki SIM-PKB silakan mengikuti program ini agar dapat meningkatkan kompetensi. Semoga membantu.

author
No Response

Leave a reply "Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19"