Soal Ujian Sekolah Geografi

Kelulusan menjadi momen yang ditunggu -tunggu oleh peserta didik kelas XII. Meskipun di tahun pelajaran 2020 – 2021 ini sebagian besar atau bahkan seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring, ujian akhir untuk penentuan kelulusan tetap harus berlangsung.

Pada tahun pelajaran 2020-2021 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan instruksi khusus pesyaratan kelulusan peserta didik pada jenjang akhir sekolah. Hal ini tercantum dalam Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021. Dalam surat edaran tersebut, disebutkan bahwa Ujian Nasional untuk tahun pelajaran 2020-2021 ditiadakan. Dalam surat edaran tersebut, peserta didik dinyatakan lulus jika :

a. menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi COVID-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester,
b. memperoleh nilai sikap/ perilaku minimal baik, dan
c. mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan sebagaimana dimaksud huruf c di atas, dapat dilaksanakan dalam bentuk:
a. portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya),
b. penugasan,
c. tes secara luring atau daring, dan/atau
d. bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Sebagian besar sekolah masih mengadakan tes secara luring ataupun daring sebagai salah satu syarat kelulusan peserta didik. Tes yang dilakukan biasanya berupa tes tertulis untuk aspek kognitif dan praktik untuk aspek psikomotor. Untuk tes tertulis , materi yang harus dipersiapkan peserta didik adalah materi yang didapatkan selama belajar di SMA.

 

Kali ini rekan – rekan dapat mempelajari soal – soal mata pelajaran Geografi dengan mengunduh dokumen pada tautan di bawah ini :

 

Soal Ujian Sekolah Geografi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com