Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia SMA

Ujian sekolah merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk menentukan kelulusan peserta didik. Hal ini terjadi karena Ujian Nasional telah ditiadakan sejak tahun pelajaran 2019-2020. Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mencanangkan program Asesmen Nasional untuk memetakan pendidikan di Indonesia sehingga bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Dengan ditiadakannya Ujian Nasional, maka penentuan kelulusan peserta didik di jenjang terakhir sekolah mutlak menjadi hak sekolah.

 

Untuk menentukan kelulusan, dapat digunakan penilaian portofolio maupun ujian sekolah. Banyak sekolah masih mengadakan ujian sekolah untuk mengukur capaian kompetensi selama belajar di sekolah, khususnya dalam hal kognitif. Cakupan materi yang diujikan pada ujian sekolah adalah semua materi/kompetensi dasar yang didapatkan selama belajar di sekolah.

 

Cakupan materi yang luas seringkali membuat siswa kelabakan dalam proses pengerjaanya karena sudah lama materi tersebut tidak dibahas kembali. Untuk itu, diperlukan pemahaman kembali mengenai materi – materi yang didapatkan selama sekolah. Salah satu caranya adalah dengan berlatih mengerjakan soal – soal terkait materi yang akan diujikan. Pada kesempatan ini, rekan – rekan dapat berlatih mengerjakan soal Ujian sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA dengan mengunduh tautan di bawah ini :

Soal US Bahasa Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com