Hewan Darat dan Hewan Air

Seperti halnya tumbuhan, hewan pun mempunyai bagian-bagian utama beserta fungsinya dan pengelompokkan sederhana.

pada umumnya, hewan mempunyai bagian utama berupa kepala, badan, dan alat gerak. Pada kepala terdapat mata, mulut, dan telinga. Beberapa hewanmempunyai bentuk mulut berbeda berdasarkan makanannya dan habitatya. mata beberapa golongan hewan mempunyai kelopak mata sedangkan yang lainnya tidak mempunyai kelopak mata. bahkan ada beberapa hewan yang indera penglihatannya tidak berkembang terlalu baik. telinga beberapa hewan mempunyai mempunyai daun telinga yang tampak nyata, sedangkan yang lain tidak mempunyai daun telinga. Alat gerak pada hewan dapat berupa tungkai depan dan tungkai belakang. Tungkaidepan identik dengan tangan manusia, sedangkan tungkai belakang identik dengan kaki manusia. Alat gerak beberapa hewan dapat berbeda rupa tergantung sayap, sirip, perut, kaki perut, dan lain-lain.

Pengelompkkan Hewan

terdapat begitu banyak hewan di seluruh dunia. untuk mempermudah mengenali, membandingkan dan mempelajari hewan, maka dibuatlah pengelompokan hewan.

Berdasarkan Habitatnya dapat digolongkan berdasarkan tempat hidupnya, yaitu :

Hewan Darat

Hewan darat adalah hewan yang sebagian besar proses kehidupannya terjadi di dalam tanah atau diatas tanah. Misalnya; Kerbau, gajah, semut, dan cacing.

Hewan Air

hewan air adalah hewan yang sebagian besar proses kehidupannya terjadi di dalam air. hewan air dapat dibedakan menjadi hewan pada air tawar, air payau, maupun air asin (laut).

Hewan air tawar misalnya ikan tawes, lele, dan pesut. Hewan air payau, yaitu campuran air tawar dan air asin, misalnya ikan bandeng. Hewan laut misalnya ikan Hiu, cumi-cumi, teripang, dan kuda laut.

Hewan darat dan hewan air

Hewan dalam golongan ini sebagaian tahap kehidupannya berada di air sedangkan sebagian lagi berada di darat. Misalnya katak, sesilia, dan salamander. Umumnya hewan yang dapat hidup di darat dan air ini tergolong dalam hewan ampibi.

Hewan Berdasarkan Penutup tubuhnya

Penutup tubuh hewan bermacam-macam. Ada hewan yang penutup tubuhnya berupa sisik. Ada pula hewan yang penutup tubuhnya berupa bulu-bulu . Selain sisik dan bulu, ada juga hewan yang penutup tubuhnya berupa rambut.

Hewan Bersisik

golongan hewan ini seluruh tubuhnya diutupi oleh sisik. Contoh hewan bersisik yaitu ular, ikan, dan kadal. Sisik ular dan kadal tampak lebih keras daipada sisik ikan.

Hewan berbulu

golongan hewan ini seluruh tubuhnya tertutupi oleh bulu. Contoh hewan berbulu yaitu ayam, itik, bebek, dan burung. Bulu pada hewan ini berfungsi menjaga suhu tubuh agar stabil.

Hewan berambut

Golongan hewan ini seluruh tubuhnya ditutupi oleh rambut. Rambut tumbuh lebat diseluruh tubuhnya. contohnya hewan berambut yaitu kucing, beruang, monyet dan lain-lain.

About Robert Kris 495 Articles
Berkah Dalem

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*