PPKn  

Keberagaman Tarian Daerah dan Saling Menolong dalam Keberagaman

Bersatu dalam keberagaman tarian daerah

Tahukah anda,  Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa. Keberagaman suku bangsa tersebut membuat bangsa indonesia memilki keberagaman budaya. Keberagaman budaya tersebut misalnya berupa tarian daerah contoh tari kecak.

Banyak wisatawan asing datang berkunjung ke Indonesia untuk menonton pertunjukkan budaya indonesia terlebih tari-tarian daerah. Hal ini menunjukkan bahwa keberagaman daerah tari daerah di indonesia merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan.Sebagai bangsa yang kaya akan budaya berupa tarian daerah, kita seharusnya bangga akan tarian daerah. Kita juga boleh mempelajari tarian daerah lain. Dengan begitu, kita telah menjadi warga negara yang menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan.

Saling menolong dalam keberagaman.

Manusia merupakan makhluk sosial yang bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain. Sikap tolong menolong diperlukan demi terciptanya persatuan dan kesatuan. Tolong-menolong dilakukan dengan ikhlas dan tidak membeda-bedakan.

Tolong-menolong dapat dilakuakn dimana saja baik di rumah, sekolah atau dilingkungan masyarakat. Saat di lingkungan sekitar terjadi bencana, kita sebaiknya ikut membantu.saling membantu saat terjadi bencana menunjukkan adanya rasa senasib sepenangungan sebagai bangsa indonesia.Kita sebaiknya membantu semua orang yang membutuhkan tanpa memperdulikan latar belakang suku, agama, maupun sosial.

Latihan!

  1. Sebutkan 5 Contoh tarian daerah dan daerah asalnya
  2. Bagaimana sikap yang harus kita tunjukkan saat ada daerah di Indonesia yang mengalami bencana alam?
  3. Apa saja contoh bentuk tolong menolong dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com