Kimia  

RPP TERMOKIMIA SATU LEMBAR, KIMIA KELAS XI

Bagian dari ilmu kimia yang mempelajari perubahan kalor atau panas suatu zat yang menyertai suatu reaksi atau proses kimia dan fisika disebut termokimia. Termokimia dipelopori oleh Germain Henri Hess, atau yang biasa disebut Hess. Istilah termokimia ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu thermos dan kimia. thermos berarti panas atau kalor. Dalam termokimia, perubahan energi berkaitan dengan sistem dan lingkungan.

Sistem adalah bagian dari alam semesta yang menjadi pusat perhatian.Li ngkungan adalah bagian lain dari alam semesta yang berinteraksi dengan sistem.

Sistem dapat dibedakan 3 macam :

  1. Sistem Terbuka
  2. Sistem Tertutup
  3. Sistem Terisolasi

Termokimia dipelajari di kimia kelas XI SMA dengan kompetensi dasar :

Menjelaskan konsep perubahan entalpi reaksi pada tekanan tetap dalam persamaan termokimia dan Menyimpulkan hasil analisis data percobaan termokima pada tekanan tetap.

Pembelajaran yang berlangsung di masa pandemi ini harus efektif dan menyesuaikan waktu pembelajaran yang berkurang sangat banyak dibandingkan biasanya. Untuk itu, guru harus membuat rencana pembelajaran yang dapat diselesaikan secara daring. Rencana pembelajaran yang sudah direvisi oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi hanya satu lembar memudahkan guru membuat rencana yang fleksibel dan menyesuaikan kondisi siswa.

Bagi bapak/ibu guru, dapat menyimak contoh RPP satu lembar materi termokimia dengan mengunduh pada tautan di bawah ini :

RPP Satu Lembar Termokimia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com