PPKn  

Lambang Sila kedua dan Sila ketiga Pancasila

Rantai merupakan lambang sila kedua Pancasila, yaitu Kemanusiaan Yang adil dan beradab. Rantai terdiri atas mata rantai bulat yang berjumlah 9 dan mata rantai persegi berjumlah 8. Mata rantai bulat melambangkan perempuan, mata rantai persegi melambnagkan laki-laki. Mata rantai bulat dan persegi saling berkait dan tidak putus. Mata rantai bulat dan persegi tersebut sambung menyambung melambangkan generasi penerus yang turun temurun.

Makna sila kedua Pancasila adalah setiap manusia, baik laki-laki maupun perempuan saling menghargai dan saling membantu satu sama lain sehingga menjadi kuat seperti rantai. Saling menolong dan saling menghormati merupakan nilai luhur yang harus dijaga dan dilaksankan dalam  kehidupan sehari-hari.

Pohon beringin merupakan lambang sila ketiga Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia. Makna sila persatuan Indonesia adalah bangsa Indonesia bersatu untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adanya keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia diperlukan sikap toleran, saling menghormati, dan saling menghargai merupakan nilai luhur yang ahrus dijaga dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Latihan Soal !

  1. Lambang sila kedua Pancasila adalah …
  2. Makna sila kedua Pancasila adalah …
  3. Lambang sila ketiga pancasila adalah …
  4. Makna sila ketiga Pancasila adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com