Tanda Kecakapan Umum (TKU) Pramuka Siaga

No comment 326 views

Mandiri merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki sebagai jati diri anggota pramuka. Mandiri berarti tidak bergantung kepada orang lain. Mandiri juga berarti dapat melakukan sesuatu sendiri tanpa selalu meminta bantuan orang lain.

Untuk melatih siswa menjadi anak mandiri, dalam kegiatan pramukadiajarkan berbagai kecakapan. Syarat Kecakapan Umum (SKU) dalam pramuka siaga misalnya, dapat melipat selimut, menyimpan pakaian dengan rapi, mencuci piring dan lain-lain. Setelah menyelesaikan SKU, anggota pramuka mendapatkan Tanda Kecakapan Umum (TKU). Informasi mengenai lambang TKU dapat kita peroleh dari teks tulis.

TKU Pramuka Siaga

Salah satu tanda pengenal Pramuka adalah tanda kecakapan. Tanda kecakan menunjukkan kecakapan, keterampilan, kemampuan, sikap dan usaha seorang anggota pramuka. Tanda Kecakapan Umum (TKU) diberikan kepada anggota pramuka yang sudah menyelesaikan Syarat kecakapan umum (SKU) sesuai tingkatan. SKU meliputi berbagai bidang. Semua anggota pramuka harus mencapai syarat tersebut sesuai tingkatnya.

Pada Pramuka siaga, lambang TKU berbentuk jajar genjang dengan warna dasar hijau dan berisi gambar Bunga kelapa berwarna putih. TKU siaga terdiri atas tiga tingkatan, antara lain TKU siaga Mula, Siaga Bantu dan Siaga Tata. Setiap tingkatan dilambbangkan dengan jumlah yang berbeda. Untuk siaga mula, lambang terdiri atas satu susun, siaga bantu dua susun dan siaga tata tiga susun. TKU pramuka siaga dipasang dilengan baju sebelah kiri.

 

Dari jawaban diatas, tentukan lambang Siaga mula, Siaga Bantu dan Siaga tata, Jelaskan jawabanmu!

author
No Response

Leave a reply "Tanda Kecakapan Umum (TKU) Pramuka Siaga"